RSS

Teknologi dalam pemasaran

Teknologi
Kemajuan Teknologi merupakan hal tidak mungkin bisa di hindari karena teknologi akan berjalan seiring dengan ilmu pengetahuan manusia. Semakin tingginya ilmu pengetahuan, akan semakin pesat perkembangan teknologi tersebut. Semakin pengetahuan kita tidak meningkat, semakin sulit kita untuk melakukan suatu hal, karena setiap pekerjaan akan berhubungan dengan teknologi. Teknologi sangatlah memberi banyak manfaat bagi kehidupan serta memberikan kemudahan dalam melakukan aktifitas manusia. Akan tetapi, selain teknologi berdampak positif bagi kehidupan manusia, teknologi juga memiliki dampak negatifnya. Misalnya saja pada perkembangan teknologi internet ada beberapa dampak positifnya, antara lain sebagai media komunikasi, mempermudah untuk memperoleh pengetahuan dan informasi. Namun ada juga dampak negatifnya antara lain di salah gunakan untuk pornografi dan penipuan-penipuan.

Pengaruh perkembangan teknologi terhadap pemasaran produk
Telah banyak teknologi yang mempengaruhi pemasaran suatu produk, karena dengan perkembangan jaman yang modern ini sangatlah membutuhkan teknologi yang canggih agar dapat memproduksi barang banyak dengan waktu yang singkat dan lebih meningkat lagi kegiatan pemasarannya. Misalnya saja pada kegiatan pemasaran mobil baru, tidak perlu memasarkan dengan cara keliling atau menyebar pamphlet. Akan tetapi dapat dilakukan pemasaran melalui stasiun televisi yang jelas-jelas dapat tersebar dengan cepat. Tanpa harus membuang-buang tenaga. Atau pemasaran dapat dilakukan di internet karena sekarang pengguna internet telah banyak pada kalangan muda hingga kalangan tua. Namun semua itu bisa terjadi jika mempunyai ilmu pengetahuan yang tinggi. Selain pada mobil, perkembangan teknologi juga dapat mempengaruhi para petani dalam hal membajak persawahannya, yang semula hanya menggunakan kerbau bahkan perani sendiri yang melakukan pembajakan. Tetapi sekarang, telah tercipta mesin pembajak sawah. Hal tersebut dapat meringankan kerja para petani yang rata-rata usianya sudah tua. Namun semua kegiatan tersebut membutuhkan banyak biaya yang tidak sedikit untuk membeli alat tersebut atau memasang iklannya di televisi. Selain memiliki keuntungan yang banyak, hal tersebut dapat mempengaruhi jumlah pegawai yang tidak dibutuhkan lagi tenaganya. Maka terjadilah pengurangan pegawai yang dapat mengakibatkan banyaknya tingkat pengangguran. Tetapi, bagi korban pemberhentian pekerjaan tersebut, apabila dia memiliki latar belakang ilmu pengetahuan akan teknologi itu tinggi dan memiliki skill yang tinggi pula, maka dia akan menjadikan perkembangan teknologi itu sebagai usaha, seperti membuat barang-barang yang unik kemudian memasarkannya melalui internet yang saya fikir tidak memerlukan tenaga kerja pembantu, karena hal semacam itu biusa di lakukan dengan sendirinya.
Jadi, kesimpulannya adalah perkembangan teknologi sangatlah mempengaruhi kegiatan pemasaran produk karena bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak karena keefisiensiannya dalam melakukan pekerjaan. Namun selain menguntungkan, perkembangan teknologi pun dapat merugikan orang-orang yang tidak memiliki pengetahuan akan teknologi yang meningkat. Karena akan mengalami pengangguran karena di berhentikan dengan alas an tenaga kerjanya tidak terpakai.

0 komentar:

Posting Komentar