RSS

Cara Mambangkitkan Self Esteem

Beberapa upaya membangkitkan self esteem kita agar semakin positif.

1. Menjadi diri sendiri (be your self) dan tidak usah menjadi orang lain, apalagi meniru sikap atau perilaku yang negative. Untuk menjadi demikian, kita harus jujur pada diri sendiri, sadari tujuan hidup kita, keinginan, kekuatan dan kelemahan diri. Buatlah cita-cita yang bermanfaat, baik bagi diri sendiri maupun untuk orang lain.

2. Belajar menyukai diri sendiri dalam arti bukan untuk kesombongan, tetapi untuk mensyukuri segala nikmat yang telah di berikan Allah SWT kepada diri kita. Berpegang pada keyakinan, tetapi tetap bijaksana menghadapi segala yang ada di luar diri kita.

3. Mengembangkan dan memperbaiki cara pandang kita. You are what you think you are, cara berpikir kita memmpengaruhi hidup kita. Bila kita optimis, maka semangat itu akan membawa kita pada keberhasilan.

4. Memperbaiki hubungan dengan orang lain sehingga kita bisa mendapatkan dukungan ketika kita mulai kehilangan arah dan menghadapi krisis diri. Berbuat baik dengan sesama, mengembangkan silaturahmi, bersikap kasih sayang terhadap keluarga, dan memperluas pergaulan yang positif adalah beberapa cara untuk mendorong suasana hati positif dan penghargaan diri tersebut.

5. Bersikap proaktif yang artinya berani mengambil tanggung jawab dan tidak menyalahkan pihak lain jika mengalami kegagalan. Caranya dengan cepat menangkap peluang, berinisiatif dan tidak suka menunggu uluran tangan orang lain untuk melakukan sesuatu.

6. Menjaga keseimbangan hidup dengan cara mampu mengolah waktu, energy, dan emosi secara baik dan proporsional.

7. Memperbaiki cara berkomunikasi seperti dengan cara lebih memprioritaskan ungkapan yang bernada lembut dan simpatik, menggunakan kata-kata yang mudah dipahami, mengubah pernyataan yang negative menjadi positif agar tidak berkesan menggurui, member penghargaan pada orang lain yang telah berjasa, menyimak pembicaraan orang lain sebelum menanggapi, dan jangan lupa untuk bersikap positif seperti menyisipkan senyuman meskipun hati sedang sedih. Hati kita pasti akan ikut tersenyum dan hidup akan menjadi lebih bahagia.

0 komentar:

Posting Komentar