RSS

Proses Pembelian suatu Produk

Keputusan untuk membeli yang diambil oleh pembeli itu sebenarnya merupakan kumpulan dari sejumlah keputusan. Setiap keputusan membeli mempunyai suatu struktur yang mencakup beberapa komponen:

1. Keputusan tentang jenis produk
Konsumen dapat mengambil keputusan untuk membeli sebuah mobil atau menggunakan uangnya untuk tujuan lain. Dalam hal ini perusahaan harus memusatkan perhatiannya kepada orang-orang yang berminat membeli mobil.

2. Keputusan tentang bentuk produk
Konsumen dapat mengambil keputusan untuk membeli bentuk mobil tertentu. Keputusan tersebut menyangkut model, warna, dan kecepatan serta keiritan dalam bahan bakar. Dalam hal ini perusahaan harus melakukan riset pemasaran untuk mengetahui kesukaan konsumen tentang produk bersangkutan agar dapat meningkatkan daya beli.

3. Keputusan tentang merk
Konsumen harus mengambil keputusan tentang merk mana yang akan dibeli. Setiap merk memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Dalam hal ini perusahaan harus mengetahui bagaimana konsumen memilih sebuah merk.

4. Keputusan tentang penjualnya
Konsumen harus mengambil keputusan di mana mobil tersebut akan dibeli. Dengan melihat apa ada pelayanan-pelayanan khusus yang tidak ada di semua tempat pembelian.

5. Keputusan tentang jumlah produk
Konsumen dapat mengambil keputusan berapa banyaknya produk yang akan dibeli pada suatu saat dengan memperhatikan manfaat dan kegunaannya dalam kebutuhan hidupnya.

6. Keputusan tentang waktu pembelian
Konsumen dapat mengambil keputusan tentang kapan ia harus melakukan pembelian. Masalah ini akan menyangkut tersedianya uang untuk membeli mobil karena untuk membeli sebuah mobil harus memiliki uang yang cukup banyak.

7. Keputusan tentang cara pembayaran
Konsumen harus mengambil keputusan untuk pembayaran produk yang dibeli, apakah secara tunai atau dengan cicilan. Dalam hal ini perusahaan harus mengetahui keinginan pembeli terhadap cara pembayarannya.

Tahap-tahap dalam Proses Pembelian :

1. Menganalisa Keinginan dan Kebutuhan
Penganalisaan keinginan dan kebutuhan ini ditujukan terutama untuk mengetahui adanya keinginan dan kebutuhan yang belum terpenuhi atau terpuaskan.

2. Menilai Sumber-sumber
Tahap kedua dalam proses pembelian ini sangat berkaitan dengan lamanya waktu dan jumlah uang yang tersedia untuk membeli.

3. Menetapkan Tujuan Pembelian
Tahap ketika konsumen memutuskan untuk tujuan apa pembelian dilakukan, yang bergantung pada jenis produk dan kebutuhannya.

4. Mengidentifikasikan Alternatif Pembelian
Tahap ketika konsumen mulai mengidentifikasikan berbagai alternatif pembelian.

5. Keputusan Membeli
Tahap ketika konsumen mengambil keputusan apakah membeli atau tidak. Jika dianggap bahwa keputusan yang diambil adalah membeli, maka pembeli akan menjumpai serangkaian keputusan menyangkut jenis produk, bentuk produk, merk, penjual, kuantitas, waktu pembelian dan cara pembayarannya.

6. Perilaku Sesudah Pembelian
Tahap terakhir yaitu ketika konsumen sudah melakukan pembelian terhadap produk tertentu.



Sebagai contohnya, Reza adalah seorang konsumen yang berprofesi sebagai Wiraswasta. dalam menentukan pembelian mobil, Reza menginginkan sebuah mobil karena kebutuhan untuk dipakai ketika pergi jauh. Mengapa Reza lebih memilih untuk membeli mobil daripada membeli motor, sedangkan jika Reza membeli motor, banyak keuntungan yang dia peroleh. Seperti terhindar dari macet. Akan tetapi keputusan reza untuk membeli sebuah mobil di karenakan agar Reza Terhindar dari panas ataupun hujan. Dan tidak perlu menunggu hujan reda disaat tidak membawa jas hujan. Karena hal tersebut hanya saja membuang waktu. Setelah mengetahui kebutuhan dan keinginan yang harus di beli , Reza telah menentukan bentuk yang diinginkannya dari sebuah mobil tersebut, Reza menginginkan mobilnya berwarna merah agar terlihat lebih menarik. Kemudian Reza mulai mencari-cari informasi tentang merk mobil dengan melalui internet, media elektronik ataupun media cetak. Tujuannya agar mendapatkan hasil yang memuaskan setelah membelinya. Dan Reza memutuskan untuk membeli sebuah mobil bermerk Honda Jazz keluaran terbaru dengan tampilannya yang begitu elegant. Setelah tahu merk yang sesui dengan keinginan dan kebutuhannya, reza pun memutuskan untuk membeli mobil tersebut secara tunai agar tidak pusing memikirkan biaya-biaya cicilan. Dan selain itu, pembayaran yang dilakukan secara lunas akan mendapatkan potongan harga.

0 komentar:

Posting Komentar